Sejarah Awal Berdirinya Sistem Operasi Android


Perkembangan Android bahkan dimulai sejak awal era 2000-an loh! Sebelum diakuisisi oleh Google, operating system (OS) ini dikembangkan perusahaan bernama Android Inc.
Perusahaan yang didirikan di Palo Alto, California pada Oktober 2003 ini digawangi oleh Andy Rubin, yang juga dikenal sebagai Bapak Android bersama dengan Rich MinerNick Sears, dan Chris White.
Pada perkembangan selanjutnya, akhirnya Android dibeli oleh Google hingga pada tahun 2008 lalu dirilis lah HTC Dream, ponsel pertama yang dibekali dengan sistem operasi Android.

Urutan Versi OS Android Terbaru & Terlengkap Hingga Saat Ini

1. Android 1.0 & 1.1: Astro (Alpha) & Bender (Beta)


Kedua versi awal Android ini mungkin agak asing kamu dengarkan. Pasalnya versi Android 1.0 Astro (Alpha) dan Android 1.1 Bender (Beta) ini belum diluncurkan secara publik untuk kebutuhan komersil.
Platform Android sendiri pertama kali diluncurkan pada September 2008 dengan andil Andy Rubin yang saat ini dikenal sebagai Bapak Android.
Walau belum menggunakan nama makanan manis, kedua sistem operasi Android ini tentu menjadi pionir. Pasalnya di sinilah Android berlmua lewat smartphone pertama, HTC Dream,

2. Android 1.5: Cupcake


Mulai dari versi ini, Android menggunakan nama makanan manis untuk setiap versi yang diluncurkan.
Android 1.5 Cupcake sendiri dirilis pada tanggal 30 April 2009 dengan berbagai fitur di sebuah perangkat smartphone untuk menggantikan featured phone kala itu.

3. Android 1.6: Donut


Tentu pada awal perilisannya, sistem operasi Android tetap memiliki banyak bug yang pengembangnya perlu mengadakan perbaikan.
Hal ini dilakukan pada Android 1.6 Donut yang dirilis pada 15 September 2009.
Ya artinya belum genap setahun semenjak perilisan Android 1.5 Cupcake atau hanya berselang 5 bulan saja, geng!
Android pun menambahkan beberapa pembaruan, terutama dukungan pada layar smartphone yang lebih besar.

4. Android 2.0 & 2.1: Eclair


Sama seperti versi sebelumnya, Android 2.0 & 2.1 Eclair masih berfungsi untuk menutupi bug yang masih ditemukan pada sistem operasi mobile ini.
Di samping itu, Android juga menambah berbagai fitur di dalamnya.
Mulai dari dukungan Bluetooth hingga fitur kamera yang mulai menjadi nilai jual smartphone kala itu. Android 2.0 & 2.1 Eclair digunakan pada perangkat seperti HTC Nexus One.

5. Android 2.2: Froyo (Frozen Yoghurt)


Mulai versi ini Android tampaknya sudah mulai dikenal luas oleh berbagai brand smartphoneAndroid 2.2 Frozen Yoghurt alias Froyo ini dirilis pertama kali pada tanggal 20 Mei 2010.
Walaupun sudah mulai dipergunakan pada beberapa brand, namun tetap saja Android masih kalah bersaing dengan Symbian yang mendominasi pasar featured phone.
Android 2.2 Froyo memberikan peningkatan pada kecepatan kerja, fitur USB tethering, WiFi hotspot, serta fitur keamanan, geng.

6. Android 2.3: Gingerbread


Belum setahun berselang lagi, Android 2.3 Gingerbread kembali diluncurkan pada Desember 2010 dengan berbagai peningkatan yang cukup signifikan.
Hal ini terutama pada tampilan tatap muka alias user interface yang digunakan, geng.
Mulai versi ini, banyak brand smartphone mulai melirik menggunakan sistem operasi Android. Salah satunya Samsung Galaxy Series yang populer hingga saat ini.

7. Android 3.0 & 3.2: Honeycomb


Untuk para pengguna smartphone mungkin akan agak asing dengan versi Android yang satu ini.
Android 3.0 & 3.2 Honeycomb yang menggunakan ikon lebah ini memang diperuntukkan penggunaannya khusus untuk perangkat tablet.
Tentu perilisan Android 3.0 & 3.2 Honeycomb pada 10 Mei 2011 ini untuk mendukung Samsung yang mulai merilis perangkat tablet, Samsung Galaxy Tab Series untuk menyaingi Apple iPad loh.

8. Android 4.0: Ice Cream Sandwich


Selain itu, Android pun juga merilis versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang kembali diperuntukkan untuk perangkat smartphone.
Android 4.0 Ice Cream Sandwich sendiri dirilis pada 19 Oktober 2011 silam.
Punya versi nama paling panjang hingga saat ini, Android 4.0 Ice Cream Sandwich memberikan banyak pembaruan. Mulai dari animasi yang semakin halus, sederhana, dan mudah digunakan.

9. Android 4.1 & 4.3: Jelly Bean


Sumber foto: technobuffalo.com
Peningkatan signifikan terasa saat menggunakan Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean.
Sistem operasi ini sendiri pertama kali dirilis pada Juni 2012 dengan membawa sejumlah peningkatan terutama di sektor pengolahan grafis.
Dengan begini, tentu Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean bisa memberikan peningkatan fungsi pada user interface dan teknologi Vsync yang digunakannya.

10. Android 4.4: KitKat


Sumber foto: digitaltrends.com
Menggunakan nama brand cemilan terkenal, Android 4.4 KitKat pertama kali dirlis pada Oktober 2013.
Versi Android terbaik ini pun bisa dikatakan menjadi favorit karena mendukung hampir seluruh perangkat smartphone di dunia, geng.
Hal ini dikarenakan Android 4.4 KitKat dapat memberikan optimalisasi yang baik, termasuk pada perangkat smartphone yang memiliki spesifikasi kurang mumpuni alias cukup rendah saat itu.

11. Android 5.0 & 5.1: Lollipop


Sumber foto: extremetech.com
Mulai beberapa versi ke belakang, Android dan Google pun mulai secara rutin memperbarui sistem operasi mereka dalam selang waktu setahun.
Termasuk Android 5.0 & 5.1 Lollipop yang dirilis dan diresmikan pada Juni 2014.
Bisa dibilang Android 5.0 & 5.1 Lollipop menjadi pionir dibuatnya smartphone flagship dengan spesifikasi cukup mumpuni.
Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit yang sudah memungkinan penggunaan RAM di atas 3GB. Salah satunya ASUS Zenfone 2 yang sudah mengusung RAM 4GB saat itu.

12. Android 6.0: Marshmallow


Sumber foto: pcmag.com
Android 6.0 Marshmallow menjadi suksesor dari versi Android sebelumnya. Sistem operasi ini sendiri pertama kali diperkenalkan pada Mei 2015 dan mulai dirilis pada Oktober 2015 silam.
Sistem operasi ini secara jelas memberikan peningkatan pada sistem keamanan dengan dihadirkannya fingerprint sensor sebagai sistem keamanan biometrik yang digunakan.
Selain digunakan untuk mengunci layar, fingerprint sensor ini dapat digunakan untuk otentikasi Google Play Store dan pembelian dengan menggunakan Android Pay.

13. Android 7.0 & 7.1: Nougat


Sumber foto: androidpit.com
Untuk saat ini, sistem operasi Android ini masih digunakan beberapa smartphone yang baru dirilis belakangan ini.
Android 7.0 & 7.1 Nougat pertama kali diperkenalkan pada Juni 2016 dengan menampilkan ikon robot Android dengan batangan Nougat.
Sistem operasi Android 7.0 & 7.1 Nougat mengalami perubahan dari segi tampilan antarmuka. Selain itu ada juga fitur splitscreen untuk membagi tampilan layar untuk dua aplikasi sekaligus.

14. Android 8.0 & 8.1: Oreo


Sumber foto: cnet.com
Android 8.0 & 8.1 Oreo menjadi sistem operasi Android paling terbaru yang banyak digunakan saat ini.
Sistem operasi ini dirilis secara stabil mulai Agustus 2017 sudah mengalami pembaruan lewat versi Android 8.1 Oreo.
Android 8.0 & 8.1 Oreo menjadi versi Android kedua yang menggunakan makanan manis dari nama brand terkenal setelah Android 4.4 KitKat.
Sistem operasi ini menawarkan pengalaman multitasking yang makin mumpuni dibanding versi sebelumnya.
Selain itu ada juga Project Treble yang memungkinkan pengguna mendapat pembaruan lebih cepat.

15. Android 9.0: Pie


Sumber foto: teletec.it
Kemudian ada Android 9.0 Pie yang secara resmi diperkenalkan pada Agustus 2018. Sistem operasi Android ini memberi banyak ubahan, terutama untuk HP dengan desain baru.
Misal Android 9.0 Pie memberikan navigasi berupa gesture yang menggantikan tombol fisik Home, Back, dan Recent Apps.
Fitur lainnya yang cukup berguna adalah sistem notifikasi, pengatur kecerahan, hingga sistem screenshoot terbaru yang lebih memudahkan kamu loh.

16. Android Q Beta (Belum Rilis)



Sumber foto: computerworld.com
Terakhir ada Android Q Beta yang baru diluncurkan pada 13 Maret 2019 dan saat ini masih terbatas pada beberapa perangkat HP Android saja.
Seperti pada seri smartphone Google, yakni Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, dan Google Pixel 3 Lite.
Salah satu fitur Android Q Beta adalah Dark Mode alias mode gelap yang diklaim mampu meningkatkan performa baterai loh.
Sumber :
Versi Android

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN ETIKA, PROFESI DAN CIRI KHAS PROFESI

Tutorial Streaming VLC dari PC ke Android